Serba-Serbi Sims 4


halo. di pos kali ini, saya akan sedikit menjelaskan gambaran mengenai sims 4.

sims 4 adalah lanjutan dari permainan komputer populer the sims, sims 2, dan sims 3. sims sendiri merupakan permainan simulasi kehidupan, kalau kata wikipedia, sims 4 adalah permainan video simulasi kehidupan yang dikembangkan oleh Maxis dan The Sims Studio dan dipublikasikan oleh Electronic Arts (EA). (baca sejarah tentang sims disini). pertama kali dirilis tanggal 2 September 2014 dan sekarang (Mei 2019) sims 4 sudah memiliki 7 Expansion Packs (EP), 8 Game Packs (GP), dan 15 Stuff Packs (SP).

DEFINISI PACK
sims 4 merupakan game dasar yang masih sangat bisa dikembangkan, baik oleh EA sendiri atau para pencinta game ini. nah jika yang mengembangkan game ini adalah EA tentu saja mereka akan mengeluarkan (seharusnya) versi yang stabil banget dan tentunya harus dibeli. pengembangan atau penambahan untuk game dasar inilah yang dikenal dengan xxx packs di sims 4. sebelum membahas tentang pack, mari kita bahas terlebih dahulu, sedikit tentang base game atau game dasar sims 4 yang kamu perlukan untuk memainkan sims 4. semua pack dibawah ini hanya bisa dimainkan jika kamu sudah memiliki base game. jadi intinya, kamu boleh tidak membeli satupun dari pack yang akan saya jelaskan dibawah, atau hanya membeli pack yang kamu inginkan saja, selama kamu memiliki base game, maka kamu bisa memainkan sims 4.

sims, dalam hal ini Maxis dan EA mengeluarkan 2 tipe game dasar, yaitu base game dan base game deluxe. perbedaannya terletak di harga tentu saja, bagaimana EA bisa mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari para pemain sims dimana jika kamu membeli base game deluxe kamu akan mendapatkan tambahan konten dengan tambahan harga yang lumayan, SGD $20. sebenarnya tambahan konten ini awalnya merupakan bonus bagi para pemain sims yang memesan paling awal ketika sims 4 baru saja dipublikasikan. kamu bisa melihat daftar lengkap konten tambahan disini. (jika kamu menggunakan sims bajakan, maka base game yang kamu dapatkan adalah base game deluxe).

berikutnya mari kita membahas pack yang merupakan tambahan untuk melengkapi permainan di game dasar dimana pada sims 4 ini ada 3 jenis pack, yaitu EP, GP, dan SP. berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing pack berikut:

EP (Expansion Pack) adalah penambahan pada game dasar yang bisa berupa area baru, objek baru, pengembangan cerita baru yang belum disediakan pada game dasar. seperti yang sudah saya sampaikan diatas, sampai saat ini (Mei 2019) sudah ada 6 Expansion Packs yang dikeluarkan EA, yaitu:
p.s.: panduan EP sedang dalam proses pembuatan

- Get to Work (rilis 31 Maret 2015)
EP ini menambahkan 3 karir aktif yang bisa dimainkan di sims 4, yaitu dokter, detektif, dan peneliti (scientist). kalau teman-teman sudah akrab dengan sims 3, pasti tau kalau selama ini main sims, kita gak bisa ikutan sims pergi kerja, nah sekarang sudah ada karir yang bisa kita ikutin. selain itu kita juga bisa buat usaha sendiri, misalnya restoran, studio foto, toko baju, dan banyak lagi (baca disini untuk penjelasan lebih lanjut mengenai usaha sendiri). selain itu, EP ini juga menambahkan 2 area baru, 1 bernama Magnolia Promenade dan 1 lagi merupakan area tersembunyi bernama Planet Sixam, yes planet, yang artinya tempat tinggal alien, dan kita bisa memainkan alien. EP ini juga menambahkan 2 skills baru yaitu, baking dan photography, objek baru, dan pakaian baru, silakan klik disini untuk melihat gambar objek dan pakaian baru yang didapat dari EP ini.

- Get Together (rilis 8 Desember 2015)
EP ini menambahkan world baru bernama Windenburg yang terinspirasi dari Eropa. area ini terbagi menjadi 3 bagian, pulau yang terisolasi (dimana letaknya terpisah dengan area lain dan hanya bisa diakses melalui kapal << ceritanya, tapi kenyataannya kita tinggal klik travel di menu phone nya sims untuk bisa ke pulau ini), kota lama, dan kota modern. EP ini juga menambahkan skill DJ dan dancing, kolam renang natural, objek lainnya yang bisa dilihat disini. sekilas, EP ini terlihat tidak banyak menawarkan sesuatu yang baru tetapi saya sendiri sangat tertarik dengan rilisan EP terbaru ini. pertama, tim sims 4 melakukan kerja yang luar biasa oke di desain Windenburg, dimana banyak menawarkan tempat-tempat spesial, seperti tempat menikah, labirin, cafe, rumah berhantu. selain itu, EP ini menawarkan sims untuk berinteraksi dengan cara membuat atau bergabung di suatu klub. klub ini bisa berbentuk apa saja, klub keluarga, klub pembaca buku, atau klub apapun sesuai keinginan kita. tidak hanya itu, pub menawarkan malam spesial setiap malamnya dimana sims akan mendapatkan diskon minuman jika memenuhi syarat, misalnya malam beruang, malam ksatria, ladies night, guys night, dan lain sebagainya. poin yang paling ditonjolkan dalam EP ini memang desain world nya yang luar biasa dimana saya banyak membaca para simmers hanya mengatur simsnya berjalan-jalan mengelilingi Windenburg tanpa melakukan apapun.

- City Living (rilis 1 November 2016)
EP ini menambahkan world baru bernama San Myshuno yang terinspirasi dari desain kota-kota besar di dunia seperti Tokyo, San Fransisco, dan New York. seperti Windenburg, San Myshuno juga memiliki area spesial bernama Myshuno Meadows yang memiliki tempat menikah baru lengkap dengan kembang apinya. San Myshuno ini juga memiliki venue baru yaitu apartemen dan penthouse yang hanya ada di world ini saja. world baru ini terdiri dari 4 neighborhood dimana masing-masing mengadakan festival-festival yang berbeda-beda temanya. selain itu, EP ini juga menawarkan beberapa karir baru, yaitu politik, sosial media, dan kritik dimana kamu bisa memilih untuk bekerja ke kantor atau di rumah setiap jadwal kerjanya.

- Cats & Dogs (rilis 10 November 2017)
EP ini menambahkan world baru bernama Brindleton Bay yang desain kotanya sangat ramah terhadap hewan peliharaan yang menjadi tema besar dari EP ini. world baru ini memiliki 4 neighborhood. EP ini juga menawarkan karir baru yang masih terkait dengan hewan peliharaan yaitu dokter hewan dan juga menjadi pemilik dari klinik hewan yang bisa didatangi oleh hewan yang sakit. ada skill baru juga yaitu pet training dan veterinarian. dan tentu saja kamu bisa menambahkan hewan peliharaan ke dalam keluarga sims kamu, atau kamu juga bisa membuat baru di CAS lengkap dengan pilihan warna (roda warna seperti sims 3).

- Seasons (rilis 22 Juni 2018)
EP ini akhirnya menambahkan tema yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyaknya pemain sims lama,  yaitu fitur cuaca dan musim, selain itu, EP ini juga menambahkan sistem kalender dan liburan yang membuat sims bisa merayakan berbagai tradisi seperti malam tahun baru, hari kasih sayang, atau tradisi baru yang kamu ciptakan sendiri. EP ini juga membawa skill baru yaitu flower arranging dan skill secret, skating. tidak ada world baru pada EP kali ini, tetapi berbeda dengan city living dimana kamu tidak bisa membuat apartemen di world lain, season berlaku pada semua world yang sudah ada tetapi memiliki karakteristik yang sesuai dengan keadaan dunia nyata, seperti tidak ada salju di musim dingin di world Oasis Springs.

- Get Famous (rilis 16 November 2018)
EP ini menggunakan tema yang ada di game sims sebelumnya terkait kepopuleran dan menjadi selebriti. EP ini juga menambahkan world baru bernama Del Sol Valley yang terinspirasi dari Los Angeles, terutama area Hollywood. EP ini menambahkan karir aktif baru yaitu berakting dan skill serta lot traits baru.

- Island Living (rilis 21 Juni 2019)
EP ini menambahkan tema kehidupan di pulau dan membawa life state mermaid kembali ke sims. EP ini juga menambahkan world baru bernama Sulani serta karir baru, penjaga alam dan pekerjaan paruh waktu nelayan.

----------------------------------------------
selanjutnya, GP (Game Packs) adalah penambahan pada game dasar berupa fitur, objek, dan pakaian yang berdasarkan pada tema tertentu. hingga saat ini, ada 8 GP, yaitu:

- Outdoor Retreat (rilis 13 Januari 2015) 
GP ini menambahkan area baru bernama Granite Falls yang merupakan tempat destinasi khusus berupa taman nasional jika sims ingin pergi berlibur. di area ini juga tersembunyi 1 area, bernama Deep Woods atau Hermit's Mountain Side (baca disini untuk melihat penjelasan lebih lanjut tentang area-area tersembunyi di sims 4). GP ini juga menambahkan 1 skill baru (herbalism), koleksi serangga baru dan beberapa traits (sifat) baru sims, dan interaksi yang berkaitan dengan aktivitas outdoor (di luar rumah). lihat semua objek yang didapat dari GP ini disini. (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk GP ini)

- Spa Day (rilis 14 Juli 2015)
GP ini menambahkan tipe bangunan baru, yaitu spa, skill baru (wellness), interaksi yang berkaitan dengan aktivitas spa, seperti pijat, meditasi, sauna, dan yoga. lihat semua objek yang didapat dari GP ini disini. (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk GP ini)

- Dine Out (rilis 7 Juni 2016)
GP ini menambahkan venue baru yaitu restoran, interaksi yang berkaitan dengan aktivitas di restoran, resep makanan baru. lihat semua objek yang didapat dari GP ini disini. (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk GP ini)

- Vampire (rilis 24 Januari 2017)
GP ini menambahkan vampire dan area baru bernama Forgotten Hollow yang merupakan world baru dengan suasana menyeramkan yang sesuai untuk tempat tinggal vampire. GP ini juga menambahkan 2 skill baru (vampire lore dan pipe organ), beberapa koleksi dan resep baru, serta lot traits baru. lihat semua objek yang didapat dari GP ini disini. (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk GP ini)

Parenthood (rilis 30 Mei 2017)
GP ini memiliki tema terkait keluarga dan bagaimana sims menjadi orang tua dengan sistem value baru yang membuat orang tua bisa mengontrol anak-anaknya sesuai dengan keinginannya. setiap keputusan yang diambil oleh orang tua ini akan memiliki konsekuensi yang berbeda yang berpengaruh kepada traits yang akan dimiliki anak. GP ini menambahkan skill baru bernama parenting, beberapa koleksi dan resep baru, serta aspirasi dan traits baru. lihat semua objek yang didapat dari GP ini disini. (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk GP ini)

Jungle Adventure (rilis 27 Februari 2018)
GP ini memiliki tema yang mirip dengan sims 3 world adventures dimana sims dapat pergi liburan ke world baru bernama Selvadorada. ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sims di world ini seperti mempelajari kebudayaan Selvadoradian, mengembangkan skill arkeologi, dan menjelajahi hutan untuk menemukan kuil misterius dan mengambill harta karunnya.

StrangerVille (rilis 20 Februari 2019)
GP ini memiliki tema yang sedikit berbeda dengan tema yang tersedia di sims selama ini karena pack ini memiliki cerita latar dimana sims yang baru pindah ke world baru bernama StrangerVille akan menemukan banyak keanehan dan misteri yang menunggu untuk dipecahkan.

Realm of Magic (belum rilis)
GP ini akan membawa tema sihir kembali ke sims.

----------------------------------------------
sedangkan SP (Stuff Packs) adalah penambahan pada game dasar berupa penambahan objek dan pakaian berdasarkan tema tertentu. berikut adalah daftar SP yang sudah dikeluarkan EA (klik nama SP untuk melihat objek dan pakaian yang dikeluarkan):

- Luxury Party Stuff (rilis 19 Mei 2015) > tema pesta mewah (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Perfect Patio Stuff (rilis 16 Juni 2015) > tema patio (taman di tengah rumah) (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Cool Kitchen Stuff (rilis 11 Agustus 2015) > tema peralatan dapur (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Spooky Stuff (rilis 29 September 2015) > tema Halloween (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Movie Hangout Stuff (rilis 12 Januari 2016) > tema bangunan untuk nonton film bersama dan CAS boho (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Romantic Garden Stuff (rilis 9 Februari 2016) > tema taman romantis (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Kids Room Stuff (rilis 28 Juni 2016) > tema ruangan sims anak-anak (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Backyard Stuff (rilis 19 Juli 2016) > tema halaman belakang di musim panas (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk GP ini)
- Vintage Glamour Stuff (rilis 6 Desember 2016) > tema glamor masa lalu (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
- Bowling Night Stuff (rilis 29 Maret 2017) > tema permainan bowling (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
Fitness Stuff (rilis 20 Juni 2017) > tema fitness dengan skill baru memanjat (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
Toddler Stuff (rilis 24 Agustus 2017) > tema permainan untuk toddler (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
Laundry Day Stuff (rilis 16 Januari 2018 > tema sistem mencuci baju (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
My First Pet Stuff (rilis 13 Maret 2018) > tema hewan peliharaan kecil perpanjangan dari EP Cats & Dogs (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)
Moschino Stuff (belum rilis) > tema baju moschino dan karir baru, fotografer (baca disini untuk melihat panduan bahasa indonesia untuk SP ini)

----------------------------------------------
sedangkan yang terakhir adalah penambahan konten download yang dibagikan gratis yang berisi objek dan pakaian bertema liburan musim dingin, bernama Holiday Celebration Pack. (klik nama pack untuk melihat gambar lengkap objek dan pakaian dari pack ini atau klik disini jika ingin melihat detail tambahan objek pertahun yang diberikan tim sims 4)

Berikut adalah gambar timeline sims 4 yang diurutkan sesuai dengan tanggal rilisnya pack. kamu juga bisa melihat trailer sims 4 dari awal hingga yang terbaru di youtube playlist saya disini.

GAMEPLAY
selanjutnya, saya akan membahas tentang beberapa fitur penting di sims 4 yang wajib kamu ketahui.

- Create A Sim (CAS) Mode

di fitur ini kamu bisa edit sim kamu dari ujung kepala sampai ujung kaki, mulai dari bentuk wajah, mata, hidung, kulit, warna kulit, rambut, baju, sepatu, dan lain sebagainya. selain itu, kamu juga bisa mengubah bentuk fisik kamu dengan cara klik tahan di bagian tubuh yang ingin kamu ubah dan geser ke kiri dan ke kanan sesuai keinginan kamu. untuk pakaian, kamu bisa mengatur 5 set untuk masing-masing opsi pakaian, seperti everyday, formal, dan seterusnya.

sayangnya pada sims 4 ini, tahap perkembangan sims hanya berupa bayi (baby), anak (child), remaja (teen), dewasa muda (young adult), dewasa (adult), dan dewasa tua (elder) dimana tahap bayi hanya bisa dilakukan jika sims kamu mengandung dan melahirkan. edit sekarang udah ada tahap perkembangan balita (toddler) yang panduannya bisa kamu baca disini. p.s. jika kamu memiliki EP Get to Work maka sims laki-laki kamu bisa hamil loh jika dihamili alien XD

- Buy/Build Mode
sumber gambar
mode bangun dan beli bangunan di sims 4 ini digabung dimana ada beberapa objek yang bisa terbuka kalau kamu udah mencapai level berapa karir tertentu. baca disini kalau kamu ingin menggunakan cheat untuk membangun dan disini kalau kamu ingin mengetahui shortcut keyboard ketika sedang membangun.

- Gallery
sumber gambar
dengan fitur ini, kamu bisa saling bertukar koleksi objek, baju, dan berbagai macam custom content (cc) dengan berbagai simmers dari seluruh dunia yang juga bermain online. gallery ini terdiri dari 3 tab, yaitu:
Home - tempat pemain melihat apa yang sedang populer, simmers yang kamu follow menyukai bangunan atau household apa saja, tantangan CAS, dsb
Community - tempat kamu bisa melihat hasil kerja komunitas, bisa berupa lots, sims, dsb yang bisa kamu download langsung
My Library - tempat dimana semua lots dan household punya kamu, baik yang kamu donlot dari community atau hasil kerja kamu sendiri yang sudah kamu simpan

untuk bisa mengakses community, kamu memerlukan koneksi internet dan login menggunakan origin. jika kamu bermain sims 4 versi non-ori, maka kamu tidak akan bisa mengakses community ini. kamu bisa mendownload lots atau bangunan seperti rumah dan bangunan publik dari situs-situs yang tersedia. baca disini untuk membaca tutorial cara download dan instal lots ke permainan sims kamu dan disini untuk melihat rekomendasi saya terhadap beberapa bangunan yang bisa kamu download.

p.s. saya ada baca ada cara untuk bisa teman teman yang menggunakan sims unoriginal bisa mengakses community, tapi berhubung saya sendiri belum mencobanya, saya belum berani taro disini caranya. nanti kalau sudah saya coba dan berhasil, akan saya bagi disini ya.
dengan editan patch terbaru, cara yang saya baca ini udah gak berlaku, jadi untuk saat ini belum ada cara mumpuni untuk mengakses gallery online (agar bisa download bangunan) jika kamu menggunakan versi non ori. tetapi saya membuka kolom request gallery untuk kamu pengguna non ori dimana kolom request akan saya buka setiap kali versi patch pengguna ori dan non ori sama.

ada pula cara untuk mengakses gallery secara online bagi yang tidak membeli sims asli, hanya saja, cara ini sangat terbatas hanya untuk download sims saja (tidak bisa download bangunan) dan itupun sims yang bisa di-download pun juga terbatas dimana yang bisa hanyalah sims yang menggunakan base game. jika kamu masih ingin mencobanya, bisa lihat di pos saya disini.

- Worlds
seperti yang saya jelaskan diatas terkait packs, ada beberapa area di sims 4, atau lebih dikenal dengan istilah world. (sekilas curcol, buat saya sendiri lebih enak bilang world di sims 4 ini dengan nama area, soalnya kecil banget kalau dibilang world alias dunia, beda dengan sims 3 yang emang tiap world nya punya karakteristik yang beda banget, mana kalau mau pindah world lamanya minta ampun, berasa emang pindah ke belahan dunia lain, LOL, jadi saya ngerasa pas-pas aja dibilang world).

bagian ini boleh dilewatkan loh karena saya cuma mau bahas sedikit tentang wilayah sims yang jika dibandingkan dengan wilayah manusia, masuk kategori mana. jadi area/world di sims 4 ini lebih berupa sekumpulan kecamatan. istilah kecamatan ini serius loh, logikanya (yang ips nya waktu sd jago, mari merapat), kalau berdasarkan pembagian administrasi pemerintahan, kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setara dengan desa (village, yang mana di sebagian negara di luar negeri, village juga merupakan unit terkecil). dengan anggapan creator sims 4 ini menganggap village (kelurahan) sebagai unit wilayah terkecil, maka kumpulannya dinamakan kecamatan (district). aduh saya pengen ketawa sendiri, karena malah sibuk ngebahas hal gak penting gini, sayang udah diketik panjang2, jadi saya biarin aja ya hehe.

jadi 1 area/world sims ini terdiri dari beberapa neighborhoods (rata-rata 5), berikut ini adalah daftar world yang terdapat di sims 4 sejauh ini:
- Willow Creek (dari game dasar)
- Oasis Spring (dari game dasar)
- Magnolia Promenade (dari EP Get to Work)
- Newcrest (dari Patch Update 11 Juni 2015)
- Windenburg (dari EP Get Together)
- Granite Falls (dari GP Outdoor Retreat)
- San Myshuno (dari EP City Living)
- Forgotten Hollow (dari GP Vampire)
- Brindleton Bay (dari EP Cats & Dogs)
- Selvadorada (dari GP Jungle Adventure)
- Del Sol Valley (dari EP Get Famous)
- StrangerVille (dari GP StrangerVille)
- Sulani (dari EP Island Living)


baca disini untuk membaca lebih lengkap terkait world, disini untuk area-area tersembunyi di sims 4 ini dan bagaimana cara mengaksesnya serta area spesial di sims 4 disini, serta disini untuk melihat townies atau penduduk yang sudah ada di world tersebut.


sayangnya, di sims 4 jika kamu ingin pindah neighborhoods atau pergi mengunjungi tetangga kamu, kamu mesti loading dulu, sementara dulu di sims 3 kamu bisa langsung pergi kemanapun tanpa harus loading, misalnya masuk diam-diam ke kebun tetangga kamu, istilah bekennya open world, alias gak perlu loading hanya untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain, tapi ini juga salah satu alasan mengapa sims 3 loadingnya lama banget jika dibandingkan dengan sims 4. tapi enaknya sims 4 bisa pindah world tanpa harus keluar dari game seperti yang harus dilakukan di sims 3.

sebenarnya setiap versi sims pasti ada lebihnya dan ada kurangnya, tinggal kamunya aja yang mau milih main yang mana. main semua versi juga boleh. dulu saya ngerasa waktu awal-awal main sims 4, agak membosankan eh taunya sekarang malah kecanduan hehe.. intinya coba aja dulu, gak usah kepengaruh sama pendapat A atau pendapat B yang bilang sims versi X jelek mending sims Y, sims Z, atau sims apapun, karena yang bakal ngerasain seru gak serunya permainan itu yang kamu yang memainkan =) p.s sims 4 ini punya banyak detail kecil yang bisa saja gak terduga lo, kamu bisa baca beberapa detail tersebut disini.

PATCH
sims 4 memberikan patch minimal 1x sebulan. ke depannya, akan banyak pos saya yang ngebahas patch, silakan intip disini jika kamu mau melihat update patch yang dilakukan secara berkala. nah sebelum itu, mari kita bahas sedikit apa itu patch.

patch adalah bagian dari software yang didesain untuk mengupdate (memperbarui) program, memperbaiki data-data yang mensupport program, atau meningkatkan performa program tersebut. untuk sims 4 ini sendiri, patch update akan diberikan melalui Origin dan didonlot secara online. hanya saja update ini berlaku bagi teman-teman yang memiliki game sims 4 original. sedangkan bagi teman-teman yang memiliki game sims 4 unoriginal, update hanya bisa dilakukan jika ada teman-teman yang jago programming memberikan update sims 4 yang harus didonlot melalui situs-situs. harap diperhatikan situs yang kamu gunakan untuk mendonlot, sebaiknya pilihlah situs yang sudah sering digunakan untuk mengupdate dan terpercaya. jangan gunakan situs yang abal-abal ya. (baca disini jika ingin tahu tempat mendownload sims 4)

sejauh ini sims 4 sendiri sudah mengeluarkan 80 patch dimana beberapa diantaranya memberikan update secara besar-besaran, seperti:
patch 1 Okt 2014 menambahkan tahap ghost atau hantu dan kostum star wars
patch 4 Des 2014 menambahkan kolam renang dan kategori baju renang di CAS
patch 16 Des 2014 menambahkan 2 karir baru, atletik dan bisnis
patch 3 Feb 2015 menambahkan pohon keluarga di sims (genealogy)
patch 26 Mar 2015 menambahkan pembuatan basement di build mode
patch 11 Jun 2015 menambahkan dunia baru bernama Newcrest dan peralatan custom ruangan
patch 9 Jul 2015 menambahkan pintu yang bisa dikunci dan dinding berukuran setengah
patch 6 Agus 2015 menambahkan mesin pencuci piring
patch 24 Sept 2015 menambahkan sifat baru berupa jealous dan menambahkan opsi mengklaim kasur
patch 3 Nov 2015 menambahkan item-item untuk event halloween dan jasa repairman untuk memperbaiki barang-barang sims yang rusak
patch 4 Des 2015 menambahkan sistem 64 bit (bikin layar lebih jernih untuk yang komputernya berbasis 64 bit), peta berwarna, kolam renang baru dengan warna-warna baru, sims juga bisa menyewa bartender, tukang masak, tukang pijat, tingkah laku baru dalam grup seperti menambahkan atau mengurangi orang yang terlibat dalam pembicaraan kelompok, dan pemain bisa melihat foto yang dicapture di dalam game
baca disini untuk catatan patch update sims 4 per desember 2015 yang selalu saya terjemahkan ke dalam bahasa indonesia
nah seperti yang teman-teman bisa baca, sims 4 ini emang masih banyak kurangnya dibandingkan pendahulunya, tetapi dengan setiap update patch nya, sims 4 berusaha untuk mengembangkan game nya menjadi semakin lebih baik dan semakin menyenangkan untuk dimainkan.

habis baca pos ini, pengen main sims 4 kah kamu? pengen beli? atau pengen download versi unoriginal karena masih ada yang lebih prioritas buat dibeli? yuk intip dulu spefikasi minimum komputer/laptop kamu yang kuat memainkan sims 4.

Klik untuk Membuka

PC MINIMUM REQUIREMENTS:  
OS: Windows XP (SP3), Windows Vista (SP2), Windows 7 (SP1), Windows 8, Windows 8.1, or Windows 10
CPU: 1.8 GHz Intel Core 2 Duo, AMD Athlon 64 Dual-Core 4000+ or equivalent (For computers using built-in graphics chipsets, the game requires 2.0 GHz Intel Core 2 Duo, 2.0 GHz AMD Turion 64 X2 TL-62 or equivalent)
RAM: At least 2 GB RAM
HARD DRIVE: At least 14 GB of free space with at least 1 GB additional space for custom content and saved games
VIDEO: 128 MB of Video RAM and support for Pixel Shader 3.0. Supported Video Cards: NVIDIA GeForce 6600 or better, ATI Radeon X1300 or better, Intel GMA X4500 or better
DIRECTX: DirectX 9.0c compatible
SOUND CARD: DirectX 9.0c Compatible
INPUT: Keyboard and Mouse
ONLINE REQUIREMENTS: Internet connection required for product activation.

MAC MINIMUM REQUIREMENTS:
OS: Mac OS® X 10.7.5 (Lion)
CPU: Intel Core 2 Duo 2.4GHz Processor or better
RAM: At least 4 GB RAM
HARD DRIVE: At least 14 GB of free space with at least 1 GB additional space for custom content and saved games
VIDEO CARD: NVIDIA GeForce 9600M GT, ATI Radeon HD 2600 Pro or better. Video RAM of 256MB or better
INPUT: Keyboard and Mouse
ONLINE REQUIREMENTS: Internet connection required for product activation.

nah sekian dulu pos saya mengenai sims 4 kali ini. mudah-mudahan bermanfaat.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.