Sims dari Masa ke Masa


halo pos kali ini akan membahas tentang sejarah sims dari awal diluncurkan hingga sekarang. pos ini sebenarnya sudah lama saya kerjakan ketika dulu sedang putus asa menunggu toddlers, tapi baru sempat saya selesaikan sekarang hehe.

sebelum saya lebih lanjut membahas tentang The Sims dan sekuel-sekuelnya, saya ingin membahas sedikit latar belakang akhirnya terbentuk The Sims ini. jadi awalnya, di tahun 1985, Will Wright merancang game yang mengatur pembangunan di suatu kota yang diberi nama Micropolis. di zaman itu, game model ini yang tidak jelas siapa yang menang dan siapa yang kalah tidaklah populer. untungnya Jeff Braun mau membantu Will dengan mengucurkan dana untuk pengembangan game ini. di tahun 1987, Jeff dan Will kemudian membangun perusahaan Maxis untuk mempermudah pemasaran game ini dikarenakan tidak adanya perusahaan game yang mau menerbitkan game ini. akhirnya di tahun 1989, game ini resmi diluncurkan dan diberi nama Simcity. ternyata game ini disambut dengan sangat baik oleh para penggemar game. selanjutnya, Maxis pun mengembangkan game lain dengan judul sim juga seperti SimAnt, SimFarm, SimHealth yang sayangnya tidak berhasil mendapatkan hasil yang memuaskan seperti simcity. Will pun tidak berhenti berusaha mengembangkan Simcity dan juga game lain yan masih bertema sim juga.

kerja keras Will ini menarik perhatian EA - Electronic Arts (perusahaan yang didirikan oleh Trip Hawkins, mantan direktur pemasaran produk Apple di tahun 1982) sehingga ditahun 1997, Maxis pun bergabung dengan EA. semenjak itu semua game yang diciptakan oleh Maxis memiliki 2 logo di cover gamenya, logo Maxis sebagai pembuat game dan logo EA sebagai yang mendistribusikan game. setelah 24 tahun berkutat dengan Maxis, di tahun 2009, Will pun memutuskan keluar dari Maxis dan ditahun 2012, EA menjadikan Maxis sebagai salah satu dari 4 label utamanya menggantikan posisi EA Play.

seperti yang sudah dinyatakan diatas, banyak game dengan tema sim yang dikembangkan oleh Maxis tapi tidak ada yang berhasil menarik minat pemain game seperti Simcity kecuali satu, yaitu The Sims yang diluncurkan tahun 2000, 11 tahun setelah simcity pertama keluar. game The Sims ini awalnya sudah dikembangkan sejak tahun 1993 tapi tidak berhasil dan dibiarkan saja sampai akhirnya ketika Maxis dan EA sudah bergabung, salah satu petinggi EA merasa bahwa ide game ini menarik dan mulai mengumpulkan tim terbaiknya untuk merancang game ini bersama Maxis. ketika game ini akhirnya diluncurkan di tahun 2000, game ini tidak hanya sukses, tetapi juga berhasil menjadi salah satu dari game komputer yang paling banyak terjual sepanjang masa (liat daftar lengkapnya disini).
credit: platinumsimmers
game yang juga dikembangkan oleh Will Wright ini memiliki 7 Expansion Pack (baca apa itu Expansion Pack disini), yaitu:
- The Sims: Livin' Large > rilis 31 Agustus 2000, penambahan karakter, karir, item, dan fitur
- The Sims: House Party > rilis 2 April 2001, penambahan kemampuan dan fasilitas untuk mengadakan pesta dan pertemuan di rumah sims.
- The Sims: Hot Date > rilis 12 November 2001, penambahan kemampuan sims untuk meninggalkan rumah dan pergi ke tempat baru bernama Downtown, penambahan kemampuan sims untuk membawa barang di inventori dan memberikan hadiah, penambahan hubungan jarak dekat dan jauh.
- The Sims: Vacation > rilis 28 Maret 2002, penambahan tempat baru bernama Vacation Island dimana sims bisa berlibur dengan keluarganya atau sims lainnya, sims juga bisa membeli souvenirs atau oleh-oleh untuk dibawa pulang.
- The Sims: Unleashed > rilis 7 November 2002, penambahan hewan peliharaan dan berkebun. penambahan lot dari 10 menjadi 40 dengan kemampuan untuk menukar fungsi lot antara tempat tinggal dengan bangunan publik seperti toko, cafe, dan lain sebagainya.
- The Sims: Superstar > rilis 13 Mei 2003, penambahan sims menjadi publik figur dan selebriti dan penambahan tempat kerja untuk selebriti.
- The Sims: Makin' Magic > rilis 29 Oktober 2003, penambahan sulap, mantra, dan bahan alkemis. terdapat lot baru juga yaitu Magic Town dimana terdapat beberapa mini game terkait sulap didalamnya. penambahan kemampuan baking dan membuat nektar dan juga tempat tinggal di Magic Town.

silakan intip playlist youtube saya disini dimana saya sudah mengurutkan semua trailer the sims sesuai timeline diatas.

selanjutnya, setelah sukses dengan The Sims, Maxis pun mengeluarkan sekuelnya bernama The Sims 2 di tahun 2004 dan lagi-lagi berhasil menjadi salah satu game pc paling banyak terjual sepanjang masa. game ini memiliki 8 Expansion Pack dan 9 Stuff Pack. 8 EP tersebut adalah:
- The Sims 2 University > rilis tanggal 1 Maret 2005, penambahan fitur universitas dan rentang usia baru, young adult
- The Sims 2 Nightlife > rilis tanggal 13 September 2005, penambahan fitur berkencan, hubungan romantis, berkumpul dengan teman-teman, dan aspirasi kejuuu~
- The Sims 2 Open for Business > rilis tanggal 2 Maret 2006, penambahan fitur bisnis
- The Sims 2 Pets > rilis tanggal 17 Oktober 2006, penambahan hewan yang bisa dipelihara
- The Sims 2 Seasons > rilis tanggal 1 Maret 2007, penambahan sistem cuaca, musim, skill fishing dan gardening
- The Sims 2 Bon Voyage > rilis tanggal 4 September 2007, penambahan liburan dan destinasinya ke beberapa area kultural
- The Sims 2 Free Time > rilis tanggal 26 Februari 2008, penambahan hobi dan aspirasi kehidupan
- The Sims 2 Apartment Life > rilis tanggal 27 Agustus 2008, penambahan apartemen yang bisa dirental dan sistem sihir.

selain EP, The Sims 2 juga memiliki 10 SP. (baca perbedaan tentang EP dan SP disini). 9 SP tersebut adalah:
- The Sims 2 Holiday Party Pack > rilis tanggal 17 November 2005, penambahan objek dengan berbagai tema liburan seperti natal, tahun baru, halloween, dan lain sebagainya.
- The Sims 2 Family Fun Stuff > rilis tanggal 13 April 2006, penambahan objek dengan tema keluarga dan luar angkasa
- The Sims 2 Glamour Life Stuff > rilis tanggal 31 Agustus 2006, penambahan objek dengan tema glamor dan mewah
- The Sims 2 Happy Holiday Stuff > rilis tanggal 7 November 2006, penambahan objek dengan tema yang sama dengan Holiday Party Pack ditambah tema liburan ala Eropa dan Asia
- The Sims 2 Celebration! Stuff > rilis tanggal 3 April 2007, penambahan objek dengan tema pernikahan
- The Sims 2 H&M Fashion Stuff > rilis tanggal 5 Juni 2007, penambahan objek dengan merek H&M
- The Sims 2 Teen Style Stuff> rilis tanggal 5 November 2007, penambahan objek dengan tema gotik, punk, dan sosialita
- The Sims 2 Kitchen & Bath Interior Design Stuff > rilis tanggal 15 April 2008, penambahan objek dengan tema dapur dan kamar mandi
- The Sims 2 IKEA Home Stuff > rilis tanggal 24 Juni 2008, penambahan objek dengan merek IKEA
- The Sims 2 Mansion & Garden Stuff  > rilis tanggal 17 November 2008, penambahan objek dengan tema Moroko, art deco, dan second empire.

di bawah ini adalah gambar timeline urutan EP dan SP The Sims 2 berdasarkan tanggal rilis. kamu juga bisa melihat trailer semua EP dan SP The Sims 2 di playlist youtube saya disini yang juga sudah diurutkan sesuai dengan tanggal rilis EP atau SP tersebut.
credit: platinumsimmers
selang 5 tahun setelah The Sims 2 diluncurkan, di tahun 2009, seri ini kembali dilanjutkan dengan sekuelnya yang dinamakan The Sims 3. lagi-lagi game ini masuk sebagai salah satu game pc yang paling banyak terjual sepanjang masa. game ini memiliki 11 EP dan 9 SP, berikut adalah daftar EP di The Sims 3 ini:
- The Sims 3 World Adventures > rilis tanggal 17 November 2009, penambahan world jalan-jalan, Perancis, Mesir, Cina, penambahan occult mummy, dan juga penambahan skill dan objek baru.
- The Sims 3 Ambitions > rilis tanggal 1 Juni 2010, penambahan wold baru, Twinbrook, penambahan occult simbot (robot) dan juga penambahan skill, karir, dan objek baru yang berkaitan dengan karir baru.
- The Sims 3 Late Night > rilis tanggal 26 Oktober 2010, penambahan wold baru, Bridgeport, penambahan occult vampir, dan juga penambahan skill, karir, dan objek baru yang berkaitan dengan kehidupan dunia malam termasuk mobil.
- The Sims 3 Generations > rilis tanggal 31 Mei 2011, penambahan occult imaginary friend (teman khayalan), traits baru, karir baru, dan interaksi baru yang berkaitan dengan tingkatan usia
- The Sims 3 Pets > rilis tanggal 18 Oktober 2011, penambahan world baru Appaloosa Plains, penambahan occult unicorn, hewan peliharaan baru, traits baru, dan objek baru berkaitan hewan peliharaan.
- The Sims 3 Showtime > rilis tanggal 6 Maret 2012, penambahan world baru Starlight Shores, penambahan occult genie (jin), panggung baru untuk karir penampilan, objek baru berkaitan panggung seni, dimana pada EP ini dirilis versi Limited bernama Kary Petty Collector's Edition.
- The Sims 3 Supernatural > rilis tanggal 4 September 2012, penambahan world baru Moonlight Falls, penambahan occult supranatural baru, yaitu vampir (fiturnya lebih lengkap dari Late Night EP), witch (nenek sihir), werewolf (manusia serigala), zombie, dan fairy (peri), serta penambahan objek baru berkaitan kehidupan supranatural.
- The Sims 3 Seasons > rilis tanggal 13 November 2012, penambahan occult alien, skill baru, traits baru, dna objek berkaitan cuaca.
- The Sims 3 University Life > rilis tanggal 5 Maret 2013, penambahan world baru Sims University, penambahan occult baru plantsim, skill baru, traits baru, dan objek berkaitan kehidupan universitas.
- The Sims 3 Island Paradise > rilis tanggal 25 Juni 2013, penambahan world baru Isla Paradiso, occult baru mermaid (putri duyung), tranportasi baru berhubungan dengan air, dan objek baru terkait kehidupan di pulau.
- The Sims 3 Into the Future > rilis tanggal 22 Oktober 2013, penambahan world baru, Oasis Landing, occult baru plumbot (robot), dan kemampuan untuk pergi ke masa depan.

dan dibawah ini adalah daftar SP di The Sims 3 ini:
- The Sims 3 High-End Loft Stuff > rilis tanggal 2 Februari 2010, penambahan objek dengan design bertema modern dan mewah.
- The Sims 3 Fast Lane Stuff > rilis tanggal 7 September 2010, penambahan objek dengan design bertema balapan.
- The Sims 3 Outdoor Living Stuff > rilis tanggal 1 Februari 2011, penambahan objek dengan design bertema ruangan terbuka.
- The Sims 3 Town Life Stuff > rilis tanggal 26 Juli 2011, penambahan objek dengan design bertema kehidupan kota termasuk tempat laundry, sekolah, cafe, dan toko kelontong.
- The Sims 3 Master Suite Stuff > rilis tanggal 24 Januari 2012, penambahan objek dengan design bertema romantis dan menenangkan.
- The Sims 3 Katy Perry's Sweet Treats > rilis tanggal 5 Juni 2012, penambahan objek dengan design bertema permen dan mengeluarkan lagu Katy Perry Last Friday Night versi simlish. sayangnya pada tanggal 15 Juli 2013, manajer komunitas EA mengatakan bahwa pack ini tidak akan lagi dijual.
- The Sims 3 Diesel Stuff > rilis tanggal 22 Januari 2013, penambahan objek dengan design bertema dekorasi dari brand diesel.
- The Sims 3 70s, 80s, & 90s Stuff > rilis tanggal 24 Januari 2013, penambahan objek dengan design bertema tahun 70-an, 80-an, dan 90-an.
- The Sims 3 Movie Stuff > rilis tanggal 10 September 2013, penambahan objek dengan design bertema film.

di bawah ini adalah gambar timeline urutan EP dan SP The Sims 3 berdasarkan tanggal rilis. kamu juga bisa melihat trailer semua EP dan SP The Sims 3 di playlist youtube saya disini yang juga sudah diurutkan sesuai dengan tanggal rilis EP atau SP tersebut.
credit: platinumsimmers

dan yang terbaru di tahun 2014, sekuel dari The Sims 3 ini pun keluar. berbeda dengan sims-sims sebelumnya dimana alur ceritanya berkaitan satu sama lain yang dilihat dari townies pre-made yang disediakan Maxis, Sims 4 ini memiliki alur waktu yang berbeda sehingga sebagian simmers menganggap Sims 4 ini berada di dunia paralel sims dimana terdapat tokoh dengan nama yang sama tetapi berbeda secara usia dan generasi. berikut adalah timeline sims 4 sampai dengan pack terbaru (disaat pos ini ditulis, saya akan usahakan selalu diupdate):
untuk daftar Expansion Pack, Stuff Pack, dan Game Pack (pack yang diperkenalkan di seri ini) bisa langsung dilihat disini dimana saya membahas Sims 4 dengan lebih lengkap. silakan pula intip playlist youtube saya disini dimana saya sudah mengurutkan semua trailer the sims 4 sesuai timeline diatas untuk melihat garis besar apa saja yang bisa kamu dapatkan dari permainan the sims 4.

berikut adalah perbedaan grafik masing-masing sims dimulai dari sims pertama hingga sims 4.
berikut adalah perbandingan pack yang dikeluarkan setiap tahunnya oleh EA dan Maxis pada masing-masing franchise sims
selain lanjutan atau sekuel, maxis juga mengeluarkan beberapa jenis the sims yang berdiri sendiri, yaitu The Sims Online (versi online dari the sims), The Sims Stories (versi ramah laptop the sims 2 yang terdiri dari 3 cerita, yaitu The Sims Life Stories, The Sims Pet Stories, dan The Sims Castaway Stories), My Sims (the sims versi konsol wii), The Sims Medieval (menggunakan gaya the sims 3, memiliki satu tambahan cerita The Sims Medieval: Pirates and Nobles, dan memiliki fitur khusus yang tidak terdapat di sims 3 reguler), The Sims Social (versi facebook), The Sims FreePlay (versi smartphone, tersedia untuk windows, android, ios). ada pula game sims yang dibuat khusus untuk konsol permainan seperti The Sims Bustin' Out dan The Urbz: Sims in the City yang dikeluarkan di era The Sims, The Sims 2: Pets, The Sims 2: Castaway, dan The Sims 2: Apartment Pets yang dikeluarkan di era The Sims 2 dan khusus hanya untuk nintendo ds, The Sims 3: Pets untuk berbagai konsol game, dan versi mobile (handphone) untuk The Sims 3: World Adventures, Ambitions, dan Supernatural.

banyak banget ya sims ini. mudah-mudahan pos ini bermanfaat ya.

Share:

0 komentar

© 2015-2020 SS4I. Powered by Blogger.